Jumat, 10 September 2010

Gunung Sinabung Meletus

Gunung Sinabung Meletus
SBY Minta Pelayanan Kesehatan Bagi Pengungsi Diutamakan
Lia Harahap - detikNews

SBY di pengungsian (Haryanto/ rumgapres)
Jakarta - Salah satu dari 8 isu nasional yang saat ini menjadi perhatian Presiden SBY adalah meletusnya Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. SBY meminta pelayanan kesehatan untuk para pengungsi diutamakan.

Mengawali sambutannya mengenai bencana letusan Gunung Sinabung, SBY menyatakan, peristiwa vulkanik di gunung tersebut sangat mengejutkan. Sebab, gunung berketinggian 2.400 mdpl itu tidak menunjukkan tanda-tanda aktif selama 7 abad.

Berdasarkan peninjauannya Senin (6/9) lalu, SBY memastikan saat ini seluruh pengungsi mendapatkan perawatan kesehatan yang cukup baik. Jadi tidak benar jika ada pemberitaan yang mengatakan bahwa saat ini kesehatan pengungsi terabaikan.

"Dalam kunjungan beberapa waktu lalu saya sempat bertemu dan berdialog langsung dengan elemen tanggap darurat yang sedang bertugas disana. Dalam dialog tersebut saya meminta kepada petugas bahwa dimana ada konsentrasi massa, maka saya meminta semua sistem untuk bekerja agar perawatan kesehatan bagi pengungsi berjalan," kata SBY dalam pidatonya di Istana Negara, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta, Rabu (8/9/2010).

Mengutamakan pelayanan kesehatan bagi para pengungsi itu, sambung SBY, sangat penting. Sebab itu salah satu cara untuk mencegah terjangkitanya penyakit menular di tenda pengungsian.

"Apalagi pengungsi juga ada yang menjalankan ibadah puasa dan cuaca juga tidak menentu," ujar SBY yang mengenakan batik biru.

"Kepada tim dokter saya meminta tetap memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya," pinta SBY.

Tingkah laku Gunung Sinabung yang sulit diprediksi membuat SBY meminta pemerintah pusat dan pejabat daerah untuk lebih waspada dan tanggap jika peristiwa-peritwa alam seperti ini terjadi lagi.

"Saya meminta semua pihak untuk selalu memberikan informasi yang aktual jika terjadi sesuatu. Hal itu penting untuk mengurangi dan mencegah jatuhnya korban yang berasal dari penduduk sekitar.

Sebelumnya, Senin (6/9) pagi Presiden SBY berserta rombongan berangkat menuju Tanah Karo untuk meninjau lokasi letusan Gunung Sinabung. Dalam kunjungan tersebut SBY menyempatkan diri untuk berbincang dengan para pengungsi. Dini hari setelahnya, gunung itu meletus kembali, sehingga perjalanan SBY kembali ke Jakarta sempat ditunda selama 30 menit.
(lia/irw) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar